Search

Saturday, November 22, 2014

Tips Menggambar Rumah dalam Psikotes


cara menggambar rumah dalam psikotes
Tips menggambar rumah dalam psikotes Agar berhasil dalam soal tes psikotes gambar hal yang paling utama ialah banyak latihan sebab tes psikotes ini dibatasi waktunya. Jangan sampai saat tes psikotes telah dimulai anda belum tahu akan menggambar rumah ,pohon atau manusia yang kaya apa. Waktu mengarjakan soal tes psikotes gambar rumah dll biasanya dibatasi 5-10 menit. jadi alangkah baiknya persiapkan diri sebaik mungkin dan jangan lupa selalu berdoa kepada TUHAN  agar mendapat kemudahan dalam mengerjakannya.

Test Psikotes HTP (House Tree Person Test)

Psikotest gambar HTP ditemukan oleh John Buck di tahun 1948. Dalam tes psikotes ini seorang peserta di suruh menggambar sebuah rumah, pohon dan orang. Lalu, hasil  gambar dinilai dari bermacam macam aspek untuk menilai karakter peserta tes psikotes .

Berikut adalah aspek penilaian pada Psikotes  gambar HTP :

  •     Garis dan dinding mewakili ego . Garis dan dinding yang samar  akan menunjukkan ego yang lemah, namun kalau terlalu tebal menunjukkan orang itu punya kecemasan yang berlebih.
  •     Gambar Atap rumah adalah mewakili fantasi .Kalau peserta tes Psikotes terlalu detail dalam menggambar rumah maka dia terlalu berlebihan memperhatikan fantasi di kehidupan nyata.
  •     Pintu dan jendela mewakili interaksi dan keterbukaan dengan orang lain atau lingkungan sekitar. Kalau pada tes psikotes menggambar ini , peserta menggambar gordin / penutup jendela lainnya maka bisa diartikan orang itu kurang terbuka dalam hubungan dengan orang lain.
  •     Tanah tempat landasan / pondasi rumah tunjukkan penerimaan pada realitas yang ada. kalau peserta tes menggambar rumah dan ada tanah tempat rumah itu berpijak maka dapat diartikan orang itu dapat menerima realita kehidupannya dengan baik.

KLIK DISINI UNTUK CONTOH SOAL PSIKOTES YANG LEBIH LENGKAP 


Semoga Tips Menggambar Rumah dalam Psikotes ini berguna



Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

0 comments :

Post a Comment