Search

Thursday, November 20, 2014

Jawaban Wawancara Kerja Fresh Graduate

contoh wawancara kerja fresh graduate
Tahap interview kerja adalah tahapan yang sangat menentukan untuk para pelamar kerja dapat diterima atau tidak. Berikut ini adalah 15 soal jebakan dalam interview yang mungkin dapat diwaspadai!

1. Ceritakan tentang diri Anda.

Biasanya ini adalah soal pembuka, karena itu janganlah habiskan banyak waktu buat menjawabnya. Berikanlah jawaban yang menjawab 4 subjek: sejarah kerja,tahun-tahun terakhir, pendidikan,  dan pengalaman pekerjaan terakhir.

2. Apa yang Kamu ketahui tentang perusahaan kami?

Saat soal ini dikeluarkan, anda diharap bisa mendiskusikan produk atau pelayanan, pandangan masyarakat, permasalahan,  pendapatan,sejarah,  reputasi, target,gaya managemen, orang-orang di dalamnya, dan filosofi perusahaan.

Kasih jawaban yang memberitahu pewawancara kalau Anda meluangkan waktu mencari tahu tentang perusahaan itu, namun janganlah beraksi seperti Anda tahu semuanya tentang perusahaan itu, tunjukanlah keinginan mempelajari banyak tentang perusahaan itu, janganlah memberi jawaban jelek seperti “Saya tahu perusahaan anda mengalami banyak masalah, itu alasan saya disini”. Tekankan keunggulan perusahaan dan minat Anda terhadap hal itu.

3. Apa yang bisa Anda kasih pada kami (yang orang lain tak dapat beri)?

Ceritakan prestasi dan karir yang Anda sudah capai. Sebutkanlah Skill dan hal-hal yang menarik perhatian Anda, gabungkan dengan sejarah Anda mencapai hal-hal itu. Sebutkan skill Anda menentukan prioritas dan mengenali masalah.

 4. Apa yang menarik menurut Anda dari pekerjaan ini? Dan apakah yang paling tak menarik?

Sebutkan 3 sampai 4 faktor menarik dari pekerjaan yang anda hendak ambil dan 1 hal kecil sebagai faktor yang TIDAK menarik.

5. Kenapa perusahaan harus menerima Anda?

Soal ini sama seperti pertanyaan nomor 4, ceritakan saja kemampuan-kemampuan Anda yang mampu mendukung perusahaan itu.

6. Apa yang dicari di dalam sebuah pekerjaan?

Kasih jawaban yang berkisar pada oportunitas di dalam organisasi. Beritahu pewawancara kalau kamu pengen memberi kontribusi dan dikenali. Hindarilah jawaban yang mempersoalkan keuangan pribadi.

7. Menurut Anda, apa detail dari posisi yang Anda incar?

Beri jawaban yang singkat tentang tugas dan kewajiban. Pastikan Anda sangat mengerti posisi itu sebelum Anda mau menjawab.

8. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memberikan manfaat berarti buat perusahaan?

Beri jawaban yang nyata. Beritahukan perusahaan bahwa walaupun Anda akan berusaha keras mengatasi segala asa dan rintangan dari hari pertama kerja, Anda membutuhkan sekitar 6 bulan agar benar-benar mengerti organisasi perusahaan dan kebutuhannya.

9. Berapa lama Anda akan bersama perusahaan ?

Beritahu pewawancara bahwa Anda berminat berkarir bersama perusahaan itu tapi Anda ingin tetap tertantang untuk mencapai target perusahaan.

10. Dari surat lamaran Anda, kami rasa Anda sangat pengalaman untuk pekerjaan ini. Bagaimana menurut Anda?

Ini adalah pertanyaan jebakan. Anda diharap untuk tetap rendah hati tapi percaya diri dengan kemampuanmu. Cara terbaik menanganinya adalah menjawab bahwa Anda butuh kenal perusahaan lebih jauh sebelum dapat dengan efektif bekerja pada tingkat yang lebih tinggi.

11. Kenapa Anda keluar dari pekerjaan yang sebelumnya?

Anda harus menjawab pertanyaan ini dengan jujur tapi singkat dan jelas termasuk jika hal itu karena dipecat.Tapi yang harus diperhatikan, sebaiknya jangan menyebutkan konflik personal. Perlu Anda perhitungkan bahwa pewawancara mungkin akan tanya lebih lanjut tentang masalah ini, jangan sampai emosi.

12. Apa yang Anda rasakan saat harus meninggalkan pekerjaan Anda sebelumnya?

Beritahukan pewawancara kalau Anda merasa khawatir namun janganlah terkesan panik. Katakan bahwa Anda siap terima segala resiko buat mendapat pekerjaan yang sesuai untuk Anda. Jangan tunjukan kalau Anda lebih mementingkan kestabilan keuangan.

13. Di pekerjaan sebelumnya, apa yang berkenan dengan Anda? Dan apa yang tak berkenan?

Hati-hatilah dalam menjawab soal ini dan katakankan hal-hal yang positif. Deskripsikan lebih banyak hal yang Anda suka ketimbang yang tidak disukai. Janganlah menyebutkan masalah personal. Jika Anda membuat pekerjaan sebelumnya terkesan jelek, pewawancara akan bertanya mengapa Anda berada disana. Hal itu jelas mengurangi profesionalisme Anda.

14. Apa pendapat Anda tentang atasan Anda sebelumnya?

Ini juga pertanyaan yang wajib Anda jawab dengan berhati-hati. Sebisanya jawab soal ini dengan positif karena calon atasan Anda akan merasa Anda akan membicarakan hal-hal jelek tentang dia seperti apa yang telah Anda lakukan terhadap atasan yang lama.

15. Mengapa Anda tak mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di usia Anda?

Lagi-lagi ini dapat menjadi soal jebakan. Beritahu pewawancara bahwa inilah alasan Anda mencari lowongan pekerjaan di perusahaan itu. Jangan bersikap defensif.
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

0 comments :

Post a Comment